Monday, May 19, 2014

Susu (Hewan) & Bronchitis



@bundapoetri, 14/5/2014

http://chirpstory.com/li/207281

Dapat cerita dari teman,dia sudah khatam baca buku "Miracle of Enzym" Hiromi Shinya,dan dia paham kenapa dia kena bronchitis.

Padahal tidak ada satupun keluarganya yang kena,dia baru kena setelah umur mendekati 30thn. Dia bilang,"Put ini krn aku dulu anak susu".

Dia cerita kalau saat dia bayi dia tak mendapatkan ASI,diganti susu formula hingga dia kuliah masih setia dengan berbagai macam susu.

Dia berhenti minum susu setelah kena bronkhitis. Sebelum baca buku Hiromi Shinya dia tidak paham apa penyebab sakitnya.

Nah setelah ketemu saya, saya sarankan untuk baca dan pahami buku tersebut agar paham dengan tubuhnya sendiri, agar tak lagi ada obat-obatan.

Karena pengobatan bronkhitis mengharuskannya konsumsi obat antibiotik dosis tinggi yg berlangsung 6bln tak terputus.

Selama pengobatan dosis tinggi tsb, tubuhnya hilang stamina dan jadi gampang sakit karena pertahanan tubuhnya dibantai antibiotik tersebut.

Jadi teman saya itu mengubah pola hidupnya dengan ikut pola makan #FoodCombining dan mengganti air minumnya dengan #KangenWater.

Walau baru 2bulan ternyata fisik dan staminanya jauh lebih bugar dan tubuhnya jadi fresh tak lagi gampang kena sakit walau blm berhenti obat.

"Bahagia itu sederhana,hanya dengan memahami tubuhku saja dan aku bisa hidup tanpa obat" itu kata temen saya...pun saya turut bahagia :)

Monday, March 18, 2013

KISAH PERJUANGAN SEORG WANITA UTK BISA HAMIL DAN MEMPERTAHANKAN KEHAMILAN


Ini kisah nyata milik Mbak Dela P Jaskara. Mau ngobrol sama orangnya lansung juga bisa. Di twitter @delajaskara or di multiply http://delaputri.multiply.com ini ceritanya:
saya mungkn over DHA. Janin sangat aktif di kehamilan 5 bln, gak bertahan krn ada tali pusar terpilin (he just too active)
Mau sharing pengalaman foodcombining saya dan efeknya. masih pemula, jadi maaf kalo blm sesuai ya mas @erikarlebang :p
Saya tipe orang yg kalau sakit kudu ke dokter, kudu! Saat itu juga, secepatnya! 
Sampai sekitar 7/8 bulan lalu, baca twit @erikarlebang hasil ReTweet entah lupa mungkin @sophieNavita kalau gak salah, mengenai foodcombining
Berawal dari keinginan saya yang pingin sehat, setelah keguguran pertama dan di indikasi ada toxoplasma, berobat 3bln, full obat (antivirus) 
Belum 3 bln pengobatan, ternyata saya hamil, jadi 2 bln full obat, DSOG lain (bukan yg awal) sarankan stop obat, pasien ini nurut bae'. 
Krn pengalaman keguguran pertama, kehamilan saya ini penuh kecemasan, ke Dsog 2 minggu sekali, bangkrut -__-", tapi namanya juga usaha 
Kondisi tumbuh kembang janin sehat. Saya diresepin vitamin hamil, minyak ikan (isi AA, DHA), kalsium dan saya peminum susu hamil setia 
Masih tiap 2 minggu ke dsog, keluhan seputar mual dan yg paling menganggu adalah persendian jari tangan, telapak & lutut yg sering nyeri.
Setiap abis minum vitamin hamil + minyak DHA, AA itu, janin saya sangat aktif, grudak gruduk di dalam, I thought he was soo happy. 
Ditambah susu hamil yg mengandung AA DHA juga rutin saya minum, saya merasa 'aman' kalu sudah minum susu, and everybody happy.
Saya "Sehat" betul rasanya, walaupun jalan sering susah krn persendian yg nyeri & jari tangan sering bengkak, bulak balik ijin ga masuk. 
Pun konstipasi yg luar biasa, sampai berdarah-darah, krn pup keras dan susah :( , ngadu ke dsog diresepin obat pelunak pup, again obat. 
Di minggu 18an ke Dsog, janin sehat, semua oke disuruh tenang, datang aja bulan depan, jgn tiap 2 minggu :) #horangkayah 
Semua vitamin kehamilan & susu setia saya minum, suatu malam di minggu kehamilan 19w, janin nendang kencang, sampai perut lonjong ke samping.
Setelahnya, saya merasa gerakan janin berkurang. Saya mungkin agak kelelahan abis outing kantor ke sukabumi, saya cuma ikut liburannya aja 
Saya stimulasi, ngobrol, elus2 dan lagu, tetep saya merasa kok geraknya berkurang. Dateng ke bidan terdekat, she said ok, tp gak ada usg. 
Mother's feeling selalu tepat, saya ke dsog, sendiri, suami masih ada kerjaan, jd nyusul kemudian. 
Setelah antri, masuk deh, usg perut. Saya berusaha tenang dan pasrah, dokter bilang "sepertinya terulang lagi Bu, detaknya sudah tdk ada". 
Sesaat setelah dsog periksa, suami datang, dan Dokter jelasin, janin sudah meninggal. suami sempat kaget, saya cuma atur napas, biar tenang. 
Dokter jelasin, ini bukan tindakan emergency, kpn kami siap bayi dilahirkan. Beliau saranin lahir normal diinduksi, biar bisa hamil langsung. 
Asumsi dokter, ada pilinan tali pusar (simpisis, cmiiw), jd bayi tdk bertahan krn asupan makan terbatas. Ini terjadi krn gerakan bayi yg aktif, sehingga tali pusar terpilin dan bayi gak bisa kembali di posisi 'benar' dan melemah krn asupan minim. 
Simpisis ini menurut dokter terjadi 1 dr 1000 kehamilan, wow! *gakbanggasih*
Proses persalinan dengan induksi gak usah di detailin ya, sakitnya LUAR BIASA, krn ya seperti 'dipaksa', kontraksi 12jam. 
Oh iya, kalo kehamilan pertama, meninggal di usia 12/13 mingguan, trus dikuret, jd gak kerasa apa-apa, bius total. 
Setelah lahir (jam 5an pagi), dokter nunjukin janin, he was a boy, perfect creature, masih merah. Dan benar, ada pilinan di talipusar. 
Secara psikologis, saya lebih puas dan merasa lebih 'baik' saya melihat janin sendiri, drpd pas kuret, sama suami gak boleh liat :'( 
Setelah itu, dokter cuma bilang "oke, ada pilihan, Boleh hamil lagi, langsung". Saya cuma merasa lelah abis lahiran, dan tertidur di ruang bersalin. 
Thank God, ada ibu mertua yg urus semua proses pengkafanan, krn emang Ibu sdh biasa urus jenazah :), his name "M. Haidar Ismail". 
Semua beres, saya nginep di RS untuk recovery, besoknya meriang hebat, eh tervonis DBD krn trombo menurun, yak! Ngamar lagi
Dan lagi2 obat2an paten masuk ke dalam tubuh. Aseeek :) 
Setelah sehat, saya kembali ke rumah. Kembali bekerja, semua kembali seperti semula…ah sepertinya tidak juga 
Walau tampak baik, secara psikologis saya merasa trauma hebat, sakit kontraksi, takut hamil, dsb dsb... 
Plus nyeri persendian yg luar biasa, sampe susah jalan dan bengkak di jari2. Saya putuskan detox di salah satu klinik di prapanca
Detok nya si sekalian nurunin BB, lumayan sebulan turun 7 kg, ke BB normal sebelum hamil. Nyeri di persendian tetep!
2bln setelahnya, saya putuskan resign, krn mau hibernasi, pengen di rumah, kerja jg gak konsen. *colek @hithit_prajna my bff ex office 
Nyeri sendi lanjut, saya perbanyak susu dan tiap hari konsumsi obat pelumas sendi, mahal tp ampuh, 1x1, tiap hari, kalo gak, ya sakit lagi. 
Trauma kehamilan dan nyeri sendi ini terus lanjut sampai hampir 2th, ber KB ria, sampai saya ketemu @rezagunawan dengan self healing nya. 
Belajar self healing 1 dan 2 (untuk kesehatan dan trauma healing), ya saya merasa lebih baik, emotionally. 
Ketakutan hamil dan kecemasan2 lain mulai berkurang, ikhlas, pasrah itu tidak mudah lho, butuh effort besar! Tak cukup di mulut. 
Rasa kasihan dari semua, malah membuat terpuruk. Saya mencoba bangkit, suami sangat support dan gak maksa kudu hamil kapan.
Krn keinginan sehat lahir bathin, saya usaha terus, sampai ketemu twit2 @erikarlebang ttg foodcombining 
8bln lalu, saya mulai kerja lagi, dan memulai foodcombining sambil tetap ber-self healing ria. Dan mulai kepikiran untuk program hamil ke dokter…
Setelah sekian lama absen ke RS, bukan krn gak sakit tapi trauma masuk RS. Lebih2 RSIA. 
Jan '12 saya ke RSIA di dekat kantor, sendirian, mau iseng cek aja, nanya2 pogram hamil. Dan saat daftar, belum ketemu dokter ni……
Lha kok airmata ini ngalir tak terbendung, masih ada trauma itu ternyata, masih kuat, sampai susternya bingung.."gak papa sus, cuma sedih" :D 
Masuk ketemu SpOg, cerita pengalaman lalu2 dan diperiksa. Usg transV...dan tampak telur kecil2 banyak, he said, kayaknya PCO ini.
Itu awal jan '12, saya jalani foodcombining baru 2-3bulan, saya tervonis PCO. Dokter bilang kalo gak mungkin hamil tanpa terapi hormon. 
Dikasi obat biar mens, diminta cek lagi, lanjut pengobatan lagi nantinya untuk hormon, dijadwalin kapan 'bermesra' dengan suami juga :p
Nah kebetulan Jan lalu suami harus ke luar negri +/- 2minggu untuk urusan kerjaan, dan ga mungkin jadwalin program hamil dong ya..:) 
Yo wis, saya lanjut foodcombining dan selfhealing , sambil pasrah...kalau memang harus program hamil melalu pelbagai terapi, ya saya ikhlaskan
Mahal pasti, test ini itu, gak murah biayanya. Tapi oke...namanya juga usaha kan ya...kantong kempes mah belakangan mikirnya :D 
Akhir Jan 12 suami sudah balik Indo, sambil cerita2 ttg kondisi diri. Dia gak maksa dan oke saya siap jalani terapi dan program.
Akhir Feb, saya terlambat mens, ini ciri khas PCO, mens kacau gak teratur, jadi yaaa sudah biasa gitu ceu. Mantapin hati mulai ke dokter dengan niat mau program deh, mau ikut saran dokter, manut. Jam makan siang, ke RSIA dan periksa, Usg transV tetep, dan bilang  "saya telat Dok". 
Dokternya usrek2 alat USG, dan bilang "ada kantong kehamilan". Me: whoaaaaaa, sambil bergetar. Niat saya periksa dan mau program ini mah!
Seneng, kaget, jadi satu. Periksa sendiri aja, lha wong niatnya mau program kan, suami belum tau, masih ada urusan apaaa gitu.
Antara senang, kaget, amaze dan gak percaya, Dokternya bilang "alhamdulillah positif, saya gak pusing jadinya", Me: "saya juga dok..hihihi" 
Februari 2012, kehamilan dinyatakan positif kurleb 4minggu. Kali ini tetep kencengin foodcombining, abis di badan enak banget.
Selama foodcombining , gak terasa, keluhan nyeri2 sendi itu jauh berkurang dan gak minum obat sendi lagi...yaaayyy!! Sinusitis juga gak kambuh.

Sampai saat ini tetep pola makan dijaga dengan foodcombining . Plus rajin selfhealing untuk lebih belajar pasrah dan ikhlas.

Ada pendarahan ringan di awal kehamilan, langsung bed rest dan berujung resign dari kantor (again), untung saya punya atasan yg baik.

Bed rest total dirumah, pendarahan berkurang dengan penguat dan ijin Allah tentu ya (biar gak takabur gitu) :), untung suami full support.

Saat ini sudah jalan 4 bulan, tetep setia dengan foodcombining dan selfhealing, nyeri gak ada, konstipasi lewat, kecemasan jauh berkurang, iklas

No susu, no vitamin dengan DHA AA, dan pasrah atas kehendak Tuhan, janin saya sudah mulai bergerak..:heeheh "Terimakasih Tuhan"

Melalui mas @rezagunawan , saya tau tentang Gentle Birth, @BumiSehat , @iburobin. sambil liburan jalan2 ke Bali, dapet peluk cinta @iburobin :')

Sangat tertarik dengan proses kelahiran Gentle birth yg minim trauma, dan suami full support…I love you beibih :D

Sekarang, mulai baca2 dan cari info mengenai kehamilan sehat alami dan proses persalinan minim trauma tsb. Plus baca info dari @bidankita.

Tiap bulan pun ngapelin mas @rezagunawan :p dan gak absen latihan self healing, biar dapet bonus terus :D :D, thanks a bunch mas!

Dan tetep ikut saran mas @erikarlebang tentang foodcombining , biar kadang galak dan judes, kayaknya ganteng juga :p, thanks mas!

Saat ini saya cuma konsumsi vitamin hamil dari @BumiSehat , dan makan buah sayur dengan benar ala foodcombining , tidak ada keluhan berarti :) thanks God.

Kenaikan BB gak drastis, tidak ada acara konstipasi, tidak nyeri sendi, walaupun obat2 dari dokter gak saya minum, misal: kalsium, HB vitamin dll. 

Saya pasrahkan semua sama Tuhan, yang mengatur segala kehidupan, dengan tetap berdoa dan berusaha yg terbaik bagi saya dan janin ini J

Terimakasih buat yg udah nyimak, mohon doa sekalian, biar kehamilan ini lancar, sehat, selamat. Amin. Monggo sedoyo..pareng (End)

By @delajaskara


Friday, March 8, 2013

Sempet Ragu Stop Susu Untuk Anak


Awalnya ragu-ragu sama yang namanya #KibulanSusu
Anakku gemuk, lucu tp susah banget makannya, picky eater, say no to buah n sayur, konstipasi, tidur menggigau n masih ngompol
Pdhl waktu itu dia sdh 5th.. Akhirnya coba lepas dot n susu cuman boleh susu UHT. Krn gak pake dot jdnya males juga minum susu
Sejak stop susu emang sih jd kurusan tp makannya jd mau n banyak, tidur gak pernah nggigau lg, buah jadi bisa rutin tiap hari
Dan yg penting lg jarang banget sakit, kalo biasanya tiap bulan batuk skrg sakit paling cepat 3bulanan 
Skrg yg penting pengennya liat anak ndut ato sehat? Ndut lucu tp kalo sakit2an? 
Mas @erikarlebang barusan sy ngoceh ttg #KibulanSusu .Btw thanks ya anak jd sehat meski bikin aku dikira aneh krn ga ngasih susu ke anak ;)
Susu dan turunannya kadang masih sih tp cuman buat rekreasional aja, asal ga rutin.Boleh dong sesekali es krim sama coklat :)


Momo, @momo_ra

http://chirpstory.com/li/202878 

Dokterrr @drOei, semenjak anak saya lepas minum susu. Jadi mau makan sayur buah ikan dagiiiing. Horay! Kalau ditawarin susu lg malah gak mau :D

Anak saya 2.5y. Semenjak 1.5y brenti asi krn kemauan dia sendiri, dia jd ketagihan susu coklat. Sampe gak mau makan apa-apa :(

Tadinya sempet ragu stop susu takut anak saya kurang gizi krn gak mau makan. Tapi Tuhan baik. Pas banjir kemaren, di daerah saya susu sempet susah.

Akhirnya saya putuskan stoooop susu total! Sambil kasih penjelasan ke anak. Puji Tuhaaan malah jd mau makan variasiii dan apa aja.

Gak pake acara kurang kurangin susu. Langsuuung berhenti total. Setelah dua harian anak diajak ngobrol teruus soal susi vs makanan.

Skarang wajahnya jd berseriii dan gak pucetttt krn mau makan sayur buah dkk. Senangnyaaa :* *peluk dokter*

Selain stop susu, aku jg stop maksa makan. Aku mulai sering main dan ngobrol+ perhatikan ap yg jd kesukaan dia dan yg ga.

@maria_vinny: Mbak, bu dok, saya lagi alami hal yg sama. Anak maunya minum UHT plain terus, gak mau air, susah makan. Sehari bisa 1.5liter

@momo_ra: Sama mbaa anakku bisa dua liter uht coklat. Tidurnya jd susah krn kelebihan energi. Dan kalau laper jd nyarinya susu. @maria_vinny

Sama juga dia cuma mau mie. kalo anakku suka krn kaya rasa dan kayanya gampang ketelen gak usaha ngunyah terlalu banyak.

Terrnyata dia suka iklan bebelac yg anaknya mainin brokoli. Aku plesetin iklannya. Aku bilang ih keren banget ya dia suka sayur.

Aku ceritain dgn riang apa itu brokoli, beli dmana dll. Besoknya dia minta ikut ke pasar :D minta brokoli.

Dia jg suka susah pup. Aku bilang kalau makan sayur buah, (maaf) pup kakak kaya main prosotan..sayaurr tinggal meluncur jd ga sakitt.

Sebelum tidur jg suka cerita upin ipin makan sayur dll. Trus dia suka warna pink. Aku bilang pipinya pink kalau makan sayur :)

Krn hepi dan trlibat dia jadi mau coba macam-macam sayur buah ikan ayam daging. Tiap hari divariasi. Gak dipaksa.

Sampe akhirnya saya paham kalau pagi dia cuma mau makan buah. Dan siang sore baru makan berat plus snack :). Ternyata jg..

Dia ternyata gak suka sayur di bening. Pantess dulu selalu nolak dan saya nyesel krn dulu suka maksa... begitu mom ceritanya :)

Krn dulu saya suka maksa dia makan :( jd dua itu yg saya beresin dulu. Baru akhirnya dia mulai mau makan apa aja.

Oya, saya sempet ikut parenting class @drtiwi @rezagunawan soal Mpasi. Pas soal anak GTM (Gerakan Tutup Mulut). Perlu dicari dulu akar masalahnya.

Akar masalah anak saya ada 2: suka manis (susu coklat) dan stress krn dulu suka saya paksa makan.

Jadi 2 itu yg saya fokus utk bereskan...1. Lidahnya gak bergantung sama manis dan 2. Dia hepi.

Thx @drOei @drtiwi @rezagunawan :) *anak saya udah mau makan sayur buahhhh ikan dan daging plus stooop total susu. Thx God.

Why don't you be smart about what to put inside your body?


Above all the smart things you do as human, why don't you be smart about what to put inside your body?
You put the best oil for your car and choose the best spare part if it's broken, how about food for your best 'machine' - your body?
Don't be fooled easily on how to get the 'perfect' body shape. Orang kurus kalo penyakitan, percuma. Kayak ferrari tapi hobby mogok.
Kamu yg punya badan, kamu yg hrs bisa ngerasain, dgn makan ini, badan saya gimana, kalo ngga, gimana. Cek, cepet sakit ngga.
Contoh, waktu pertama baca #KibulanSusu nya @erikarlebang saya msh ragu, bener gitu? Saya praktek aja langsung, anak2 stop susu total. Termasuk UHT
Mereka jelas protes awalnya..wong tiap hari dibekelin susu kotak dingin ke sekolah. Tapi saya tegas, dan liat hasilnya sebulan, dua bulan.
Sudah setahun lbh ini berjalan stop susu, anak2 sayay ga pernah batuk pilek. Pernah radang tenggorokan & demam tapi bukan batuk. Kebanyakan krupuk.
Dengan hasil sederhana itu, yg saya yakin hasil baiknya masih lebih banyak di dlm tubuh yg tdk terlihat, masa masih ga percaya?
You are what you eat. Be kind to your body and it will take care of you too.
@erikarlebang Thanks to you, mas. For changing my life and my family's life to be better. Am a grateful soul.

Nakes Yg Menyarankan Sufor, Belum Tentu Disponsori Perusahaan Sufor


Tanya dok. Anak temen saya 1thn terkena virus lubera sejak lahir. Ibu bekrja shg pake sufor.  Saran DSA kencengin sufornya. betulkah itu?
@yonieiraone Justru harus dikencengin ASInya. Saat ini sudah tidak ada alasan untuk tidak memberi ASI J

Sudah sangat lumrah sepertinya, justru para praktisi kesehatan beramai-ramai menyemarakkan konsumi sufor. Tidak paham/berpura-pura tidak tau.

...Tapi dilapangan memang nyata. Meskipun mungkin hanya sebagian, tapi segelintir praktisi kesehatan ini dapat mempengaruhi banyak orang...

...Disadari ataupun tidak, ucapan mereka biasanya diyakini kebenarannya oleh pasien. So, please jaga amanah...

...tapi saya yakin sebagian dari mereka yang menyarankan sufor, mungkin bukan karena bujuk rayu produsen, tapi karena ...

...kekhawatiran mereka akan asupan gizi anak-anak. Tetapi tanpa mereka sadari konsumsi sufor bkn solusi, hanya akan menimbulkan masalah baru.

Saat BabyAqilah mulai MPASI, DSA langsung menyarankan sufor karena zat besi dalam asi sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besinya..

..Debat kusir terjadi di ruang praktek antara saya dan DSA, saya gak ngotot hanya memberi alasan kenapa BabyAqilah belum saya berikan sufor.

...Investasi jangka panjang : ASI.

...ternyata tak hanya sampai disitu, saya pun disarankan bubur susu. Yang pabrikan itu lho, prom*na dsb dicampur sufor *geleng-geleng kepala*

...saya cuma bilang. BabyAqilah dikasih makanan homemade dok gimana?? *tweng*

...aku buat sendiri, zat besi awal Mpasi dari sayur-sayur dan buah, kata DSAnya mana cukup, kasih bubur susu pake susu formula. *istighfar*...

...Sebulan kemudian pas mau imunisasi, iseng-iseng saya pancing lagi, Kalo sufor, bagusnya merk apa dok??...

...Kalo itu terserah Daz, gak bisa nyebut merk...

...Nah kann kebukti sebagian dari praktisi kesehatan yang nyaranin sufor ternyata gak sepenuhnya dirayu produsen susu...

...sebagian dari mereka menyarankan sufor karena mereka khawatir akan asupan gizi anak-anak...

...sekilas dari kotak/kaleng susu nilai gizinya banyak banget ya, ya emang banyak, namanya juga untuk kebutuhan anak sapi. Lha manusia???...

...mosok ikutan minum susunya sapi??? *maap sapi gak maksud ngejelekin kamu* :D

...lagian nilai gizi yang tertera di kotak/kaleng susu pas masuk tubuh udah gak sebesar itu lagi nilainya, apalagi zat besi...

...dan lagipula sebgian orangtua lebih khawatir anaknya tidak mau minum susu daripada tidak makan sayur, dengan ringannya krn dia tdk suka sayur

..dan sebagian orangtua pun merasa 'keren' karena mampu beli susu yang mahal. #ParentsBiggestMistake

...udiknya lagi di RS, salah satu pasien pernah berkata, "Kok ASI dok, kayak gak mampu beli susu aja". Kurang disosialisasikan, salah siapa?

...btw, ngomongin anak yang gak suka sayur. Itu karena mereka gak suka atau emang di rumahnya emg jarang ada sayur...

...kalo awal MPASI di kasi buah, nanti anaknya gak suka sayur. BabyAqilah tetep aja doyan banget sayur, rawfood apalagi.

...liat aja di rumah, sebelum anaknya pergi sekolah minum susu dulu, mereka gak khawatir anaknya tidak sarapan, asalkan susunya masuk.



Hanya dgn Berhenti Konsumsi Susu Hewan, Anakku Sembuh


Mau share ttg #kibulan susu dan amandel boleh?

Anakku Kiarra waktu 4 thn amandel dan di vonis 2 Dokter Anak dan 1 Dokter THT hrs operasi. Karena amandelnya  besar dan tidur ngorok.

Ngorok = Tidur terganggu, akibat Anak aktif, kurang konsentrasi, suka ngamuk + nilai akademik di sekolah buruk.

Hindari operasi, dikit2 dokter, dihantam anti biotik teus. Skrg anak 7 thn. Sejak Januari stop susu rutin. Amandel mengecil, jarang sakit.

Bonusnya, Nilai akademik meningkat. Miss nya bilang Kiarra anak luar biasa :p

Susu itu species spesific


Heran kenapa pd heboh ngeributin #kibulansusu. Sblm tau soal itu pun info yg saya dpt dari dunia perASIan jelas banget: susu itu species spesific.

Susu manusia didesain Allah sedemikian rupa shg sesuai dgn kebutuhan anaknya sejak lahir. Bgitu pun susu mamalia lain, spt gajah, kucing, sapi, dsb.

Bahkan kandungan ASI selalu berubah setiap saat menyesuaikan dgn kebutuhan sang anak. Jd saya tdk melihat susu mamalia lain sbg suatu keharusan.

Lha wong didesainnya utk anaknya si induk itu, bukan utk manusia. Saya jg gak mewajibkan susu utk anak saya stlh sukses weaning. But I do love milk.

Saya ga pungkiri kalau saya suka susu & segala produk turunannya. Tp saya mengkonsumsi susu for fun, gak demi mengharap khasiatnya utk kesehatan.

Itulah knp konsep ttg ASI ini menurut saya sejalan dgn konsep yg diusung #kibulansusu nya @erikarlebang. ASI is a must, pantas kalau jd kewajiban.

Sementara susu lain gak wajib kayak ASI gitu.. Jd saya bingung dimana letak pertentangannya #kibulansusu dgn ASI sampe hrs jd concernnya satgas ASI ya?